Select Page

Selasa (03/10/2023), Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Universitas Negeri Malang (DTEI UM) mengadakan kegiatan Kuliah Tamu dengan topik “Elektronika Daya untuk Energi Terbarukan”. Dalam kesempatan ini, DTEI menghadirkan dosen tamu dari Universitas Negeri Padang (UNP) selaku pembicara yaitu Dr. Ir. Krismadinata, M.T. Bertindak sebagai moderator pada kuliah tamu kali ini adalah Dosen Program Studi Teknik Elektro DTEI, Langlang Gumilar, S.S.T., M.T.

Dalam kesempatan ini, Bapak Krismadinata menyampaikan tentang konsep elektronila daya hingga pentingnya elektronika daya untuk energi terbarukan. Beliau juga memberikan gambaran tentang penelitian-penelian dalam bidang elektronika daya yang mampu membangkitkan sumber energi khususnya energi terbarukan. 

Kegiatan ini dilakukan secara luring di Ruang A20.402 Gedung Kuliah Bersama UM, dengan peserta diikuti oleh mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2020. Tujuan dari kuliah tamu ini adalah untuk membekali mahasiswa tentang pentingnya elektronika daya dalam menghasilkan sumber energi. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’, SDG 7 ‘Affordable and Clean Energy’, maupun SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructure’, dan juga meningkatkan suasana akademik. 

Setelah sesi pemaparan oleh pemateri, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kuliah tamu. Mahasiswa diberikan kesempatan bertanya kepada pemateri yang dipandu oleh moderator. Kegiatan kuliah tamu ini diakhiri dengan sesi foto bersama pemateri dan peserta, dan penyerahan sertifikat pemateri oleh ketua departemen TEI.