Select Page

Rabu (8/11/2023), Departemen Teknik Elektro dan Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang (DTEI FT UM) menyelenggarakan Kuliah Tamu dengan topik “Sun Tracker pada PLTS untuk Mengoptimalkan Perolehan Energi Listrik”. Dalam kesempatan ini dihadirkan akademisi dari UIN Ar-Rainy Banda Aceh (Hani Anna Lastya, M.T.). Kegiatan dilaksanakan secara luring di Auditorium DTEI Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang yang diikuti oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektro (PTE), dengan moderator Kaprodi S1 PTE (I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T.).

Paparan materi dari Ibu Hani Anna Lastya, M.T.
Penyerahan Sertifikat Pemateri

Dalam presentasinya pemateri menyampaikan mulai tentang problem energi listrik di Indonesia, solusi untuk energi di Indonesia, upaya pemanfaatan Energi Surya di Indonesia, dan Pengembangan Sun Tracker.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan tambahan peserta terkait sumber energi surya yang dapat dimanfaatkan secara optimal sebagai alternative sumber energi terbarukan untuk menunjang pembangunan berkelanjutan di negara berkembang. Bagi mahasiswa, kegiatan ini tentunya dapat menunjang pembelajaran pada matakuliah Renewable Energy. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’, SDG 7 ‘Affordable and Clean Energy’, maupun SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructure’. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan sertifikat peserta dan sesi foto bersama.

Suasana peserta
Sesi Foto Bersama