Select Page

Senin (02/10/2023), Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Universitas Negeri Malang (DTEI UM) mengadakan kegiatan Kuliah Tamu dengan topik “Peluang dan Tantangan Mahasiswa Lulusan FTK di Sektor Ketenagalistrikan Pada Era Reformasi”. Dalam kesempatan ini, DTEI menghadirkan dosen tamu dari Universitas Pendidikan Ganesha (Undhiksa) selaku pembicara yaitu Dr. Agus Adiarta, S.T., M.T. Bertindak sebagai moderator pada kuliah tamu kali ini adalah Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Elektro DTEI, I Made Wirawan, S.T., S.S.T., M.T.

Dalam kesempatan ini, Bapak Agus Adiarta menyampaikan bahwa Pendidikan tinggi memiliki potensi dampak tercepat dalam membangun SDM Unggul dan Pendidikan tinggi di Indonesia perlu beradaptasi lebih cepat agar mampu bersaing di tingkat dunia. Selanjutnya beliau juga memaparkan tentang Kebutuhan Tenaga teknik sektor ketenagalistrikan dan Tantangan Lulusan di bidang ketenagalistrikan.  

Kegiatan ini dilakukan secara luring di Ruang A20.402 Gedung Kuliah Bersama UM, dengan peserta diikuti oleh mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Angkatan 2021. Tujuan dari kuliah tamu ini adalah untuk membekali mahasiswa tentang tantangan dan peluang lulusan ketenagalistrikan di dunia kerja. Selain itu, kegiatan ini juga mendukung pencapaian SDG 4 ‘Quality Education’ maupun SDG 9 ‘Industries, Innovation, and Infrastructure’, dan juga meningkatkan suasana akademik. 

Setelah sesi pemaparan oleh pemateri, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta kuliah tamu. Mahasiswa diberikan kesempatan bertanya kepada pemateri yang dipandu oleh moderator. Kegiatan kuliah tamu ini diakhiri dengan sesi foto bersama pemateri dan peserta.